Cara Agar Luka Jahitan Cepat Kering Tetap Aman Setelah Operasi

Cara Agar Luka Jahitan Cepat Kering Tetap Aman Setelah Operasi

Cara agar luka jahitan cepat kering perlu kita ketahui. Karena, Penjahitan ialah langkah paling umum untuk menutup luka yang terbuka, khususnya untuk luka yang lebar serta dalam. Tetapi, luka jahitan membutuhkan perawatan. Ada beberapa cara yang butuh diaplikasikan untuk menjaga supaya luka jahitan tetap aman.

Supaya segera pulih, luka jahitan butuh mendapatkan perawatan spesial dibandingkan perawatan pada luka biasa.

Periksa serta kerjakan beberapa hal berikut ini supaya luka jahitan tetap terjaga serta tidak meninggalkan bekas luka  yang lama hilang.

baca juga: 5 hal penghambat pemulihan pasca operasi

6 cara agar luka jahitan cepat kering dan aman

1. Jauhi mengganti perban yang mungkin menutup luka sepanjang 24 jam pertama. Pada hari ke-2, membersihkan luka serta ganti perban dengan yang baru.

Sesudah 24 jam saat penjahitan luka, bersihkan bekas luka jahitan 2x dalam sehari untuk mengurangi resiko infeksi dengan air serta sabun lembut yang tidak memiliki kandungan minyak wangi atau bahan iritan.

2. Berikan salep antibiotik sesuai saran serta resep dokter.

3. Jauhi berenang atau beraktivitas lain yang bisa mengakibatkan luka kotor, basah, atau terserang infeksi.

Sebisa mungkin, menjaga luka jahitan supaya tetap bersih dan kering. Jauhi merendam luka di air. Dan pada Waktu mandi, hindari luka dari saluran air kelamaan. Sesudah mandi secepatnya membersihkan serta keringkan area jahitan supaya tidak basah khususnya dalam 24 jam pertama saat penjahitan.

4. Gunakan sarung tangan karet waktu membersihkan, bila cedera jahitan ada di area tangan.

5. Pakailah produk atau obat yang diresepkan dokter. Anda barangkali sempat dengar jika memakai cream/gel/salep vitamin E atau lidah buaya bisa meminimalisir bekas luka. Akan tetapi, belum ada hasil riset yang menunjjukkan efektivitas beberapa bahan itu dalam mengatasi bekas luka pasca operasi.

6. Hindari luka jahitan dari paparan cahaya matahari, khususnya pada 6 bulan pertama. Cahaya matahari bisa mengakibatkan pergantian warna permanen pada luka. Ini bisa dihindari dengan memakai tabir surya.

Pada kasus tertentu, orang yang mengalami luka jahitan tetapi belum mendapatkan suntikan tetanus lengkap butuh melengkapi suntikannya. Khususnya pada luka tusuk yang dalam karena benda tajam atau kotor.

Ada saatnya cedera jahitan butuh ditutup dengan perban, khususnya bila luka memerlukan penyerap cairan yang keluar atau membuat perlindungan cedera dari gesekan baju atau paparan kotoran seperti debu.

Jahitan butuh diangkat untuk memiminalkan resiko infeksi serta sisa cedera. Waktu pelepasan jahitan begitu bergantung pada ruang mana cedera jahitan itu tercipta. Jahitan di wajah biasanya bisa diangkat sesudah 3-5 hari. Sementara, jahitan pada sendi yang tetap bergerak mungkin perlu waktu beberapa minggu sampai bisa diangkat. Tidak semua benang pada cedera jahitan butuh diangkat, sebab ada benang yang bisa diserap badan (absorbable) serta hilang dengan sendirinya.

Walau pelepasan jahitan umumnya tidak berasa sakit, tetapi janganlah sekali-kali melepas jahitan Anda sendiri. Sesudah jahitan diangkat, cedera jahitan mungkin saja akan berasa gatal serta berwarna kemerahan sebagai bagian proses pengobatan. Tetapi, penting  untuk tidak menggaruknya supaya tidak terjadi infeksi serta radang.

Segera kontrol bila cedera jahitan berasa sakit, hangat, merah di bagian tengahnya, sangat gatal,bahkan mengeluarkan nanah. Luka yang terinfeksi, dapat menimbulkan demam serta pembengkakan. Bila luka jahitan mengalami infeksi, terkadang dokter perlu membuka jahitan serta memberikan antibiotik pada cedera.

Perlu anda tahu…Cedera jahitan semakin lebih lama pulih bila Anda mempunyai masalah kesehatan tersendiri seperti diabetes, malnutrisi, atau sedang menjalani penyembuhan kemoterapi.

Untuk mendukung pengobatan luka yang baik, Anda butuh konsumsi makanan bergizi serta istirahat yang cukup, dan jaga kebersihan cedera. Turuti saran dokter serta rawat cedera sebaik-baiknya supaya terhindar dari infeksi.

baca juga: makanan yang cepat menyembuhkan luka operasi

selain cara diatas anda juga perlu mengonsumsi obat pasca operasi. Kabar BAIKNYA….!!! kini HADIR…!!! Kapsul ALCHANNA Prodak PREMIUM yang dapat menyembuhkan luka operasi (dalam dan luar) 5x lebih CEPAT…!! Tanpa efek SAMPING.

Obat Pasca Operasi Alchanna

Klik disini herbal operasi alchanna

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *