Pertolongan Pertama Pada Sakit Jantung

Pertolongan Pertama Pada Sakit Jantung

Mengetahui cara pemberian pertolongan pertama pada sakit jantung adalah bagian terpenting dari serangan penyakit jantung, karena setiap waktu yang berlalu sangatlah berharga untuk Anda atau orang lain.

Berikut ini adalah beberapa tata cara yang dapat dilakukan ketika Anda merasa bahwa orang lain atau bahkan Anda sendiri mengalami serangan jantung :

  • Menghubungi nomor darurat medis setempat. Jangan mengabaikan atau mencoba untuk menahan gejala selama lebih dari 5 menit. Jika Anda tidak memiliki akses ke layanan medis darurat, hubungi tetangga atau teman untuk mengantar penderita ke rumah sakit terdekat. Jangan biarkan seseorang yang terkena serangan jantung mengemudi mobil sendirian.
  • Mengunyah dan menelan aspirin. Lakukan hal tersebut sebelum pertolongan datang, kecuali Anda atau orang yang mengalami serangan jantung memiliki alergi terhadap aspirin.
  • Mengonsumsi nitrogliserin, jika diresepkan. Jika Anda berpikir bahwa Anda atau orang lain mengalami serangan jantung dan dokter telah menentukan nitrogliserin yang dapat dikonsumsi, lakukanlah segera sesuai resep. Jangan mengambil nitrogliserin milik orang lain, karena hal itu bisa menempatkan Anda dalam bahaya.
  • Berikan CPR/RJP jika orang tersebut tidak sadarkan diri. Jika Anda berada bersama dengan orang yang mengalami serangan jantung dan tidak sadarkan diri, hubungi PMI, rumah sakit, atau tenaga medis lainnya.
  • Anda mungkin disarankan untuk memulai CPR (Resusitasi Jantung Paru/RJP). Jika Anda belum pernah menerima pelatihan CPR, Anda disarankan hanya untuk melakukan penekanan dada (sekitar 100 per menit).

Hal-hal yang harus dihindari

Jangan melakukan hal-hal berikut ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan:

  • Jangan tinggalkan penderita sendirian, selain untuk meminta bantuan, jika diperlukan.
  • Jangan biarkan korban membiarkan gejala yang terjadi dan meminta Anda untuk tidak memanggil bantuan.
  • Jangan menunggu hingga gejala menghilang.
  • Jangan berikan apapun kepada penderita melalui mulut, selain obat-obatan yang diperlukan

Kesigapan Anda dapat menentukan nyawa seseorang. Serangan jantung dapat terjadi kapan saja dan di mana saja, jika terlambat ditangani maka akibatnya akan fatal.

Untuk mengurangi risiko seseorang meninggal akibat serangan jantung, penuhilah diri Anda dan juga keluarga Anda dengan berbagai informasi mengenai pertolongan pertama pada serangan jantung.

semoga artikel ” Pertolongan Pertama Pada Sakit Jantung.” bisa bermanfaat bagi kita bersama.

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *