Perut Kembali Rata Setelah Operasi Caesar

Perut Kembali Rata Setelah Operasi Caesar

Perut Kembali Rata Setelah Operasi Caesar. Setelah melahirkan dengan operasi caesar, tentunya Anda ingin bentuk tubuh kembali seperti semula layaknya sebelum hamil. Nyatanya, hal itu tidak sulit kok. Ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengecilkan dan mengencangkan perut setelah operasi caesar.

Cara mengecilkan perut setelah operasi caesar

Menurut seorang profesor kebidanan dan kandungan dari University of North Carolina, Cristina Muñoz, MD, tubuh butuh setidaknya 12 minggu untuk pulih pasca operasi caesar. Waktu tersebut diperlukan supaya memastikan bekas jahitan sudah kering dan rahim telah kembali ke ukuran normalnya.

Nah, semala masa pemulihan tersebut, Anda tetap bisa kok melakukan berbagai cara berikut demi mengecilkan perut setelah caesar.

1. Berkonsultasi dengan dokter

Pertama-tama, sebelum Anda memulai rutinitas untuk mengecilkan perut setelah caesar, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda. Apakah ada komplikasi yang bisa ditimbulkan saat Anda berolahraga. Setidaknya, tunggulah hingga 6-8 minggu sebelum kembali beraktivitas.

Apabila dokter Anda sudah menyetujuinya, mulailah pelan-pelan dan jangan terburu-buru karena otot-otot Anda masih dalam proses pemulihan.

2. Menyusui

cara menyusui dengan puting datar
Pada umumnya, berat badan ibu menyusui akan turun lebih cepat dibandingkan ibu yang tidak memberikan ASI pada bayinya. Pasalnya, dengan menyusui, sang ibu dapat membakar kalori sekitar 300-500 kalori per hari.

Maka itu, memberikan sang bayi ASI eksklusif tak hanya baik untuk tumbuh kembangnya, tapi juga membantu Anda mengecilkan perut dan bagian tubuh lain setelah operasi caesar.

3. Makan makanan sehat

Jika ingin lingkar perut Anda mengecil, maka muai sekarang sebaiknya pilih makanan yang lebih sehat. Nah, supaya usaha mengecilkan perut setelah caesar berhasil, sebaiknya perhatikan juga hal berikut ini:

  • Menghindari makanan cepat saji
  • Tidak mengonsumsi makanan olahan (makanan yang digoreng atau dipanggang)
  • Perbanyak menyantap buah, sayur, kacang-kacangan, atau makanan yang mengandung rendah kalori

Semakin tinggi nutrisi yang Anda peroleh, tidak hanya perut dan berat badan yang bisa turun angkanya, melainkan juga baik untuk kesehatan bayi Anda melalui ASI yang lebih sehat.

4. Jalan pagi

Salah satu cara untuk mengecilkan perut setelah operasi caesar adalah berolahraga. Akan tetapi, Anda tak perlu terburu-buru melakukan olahraga dengan intensitas tinggi. Mulai saja perlahan dengan jalan setiap pagi atau jogging di sekitar rumah.

Selain bisa menurunkan berat badan, jalan pagi juga bisa memperbaiki suasana hati dan meningkatkan energi untuk mengurus bayi Anda tentunya.

5. Olahraga ringan

Jika Anda bosan berjalan di taman, Anda bisa mencoba berbagai gerakan olahraga yang cukup mudah dilakukan. Anda bisa melakukannya secara perlahan namun rutin. Nah, berikut gerakan peregangan yang bisa Anda lakukan untuk mengecilkan perut dan menghilangkan stretch marks.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *