Penyebab Dan Resiko Sakit Bisul

Penyebab Dan Resiko Sakit Bisul

Penyebab Dan Resiko Sakit Bisul

Bisul adalah kondisi pada kulit yang terjadi saat folikel rambut terinfeksi bakteri penyebab bisul. Bakteri yang menyebabkan bisul adalah Staphylococcus aureus (biasanya ditemukan di kulit, hidung, dan tenggorokan).

Infeksi dari rambut yang tumbuh ke dalam juga bisa menjadi penyebab bisul. Kulit yang terinfeksi bakteri penyebab bisul mengacaukan kerja sistem imun tubuh anda, sehingga area yang terinfeksi biasanya jadi bernanah.

Penyakit satu ini dapat menular melalui kontak langsung antara kulit sehat dengan nanah pada yang terkandung pada benjolan. Saling meminjam barang pribadi pada orang yang bisulan juga meningkatkan risiko Anda terkena penyakit ini.

Pada beberapa kasus, penyakit ini juga dapat menimbulkan luka pada kulit yang memudahkan masuknya bakteri penyebab bisul melalui garukan atau gigitan serangga.

Penyebab bisul lainnya yaitu:

  • Infeksi luka.
  • Kebersihan yang buruk.
  • Memakai pakaian ketat.
  • Paparan yang sering terhadap bahan kimia atau kosmetik.
  • Penyakit seperti diabetes atau alkoholisme meningkatkan risiko seseorang mengalami bisulan karena melemahnya sistem kekebalan tubuh.

Penyakit ini dapat bertambah parah dan menyebabkan infeksi bakteri yang dapat masuk ke aliran darah. Jika dibiarkan, bisulan dapat menyebabkan infeksi yang lebih berat. Biasanya seseorang dapat mengalami bisulan di badan atau punggung, leher, ketiak, bokong, atau selangkangan.

Mungkin ada beberapa penyebab bisulan lainnya yang tidak disebutkan di atas. Silakan konsultasi ke dokter untuk informasi lebih lanjut.

Faktor-faktor risiko
Apa yang meningkatkan risiko saya terkena penyakit ini?
Beberapa faktor yang dapat meningkatkan kita terkena bisulan antara lain:

  • Kontak kulit dengan orang yang mengalami bisulan.
  • Diabetes. Penyakit ini dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda, yang dapat membuat tubuh lebih sulit melawan infeksi.
  • Kondisi kulit lain. Misalnya jerawat dan eksim dapat meningkatkan risiko Anda terkena penyakit ini. Pasalnya, jerawat dan eksim dapat merusak lapisan pelindung kulit yang membuat Anda semakin mudah terkena penyakit ini.
  • Sistem imun yang lemah. Ada beberapa kondisi yang mengganggu sistem imun Anda, seperti HIV.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *